Sabtu, 02 Juli 2011

Apakah Teori Evolusi runtuh ? Salahkah Darwin ?

Apakah Teori Evolusi memiliki banyak kesalahan fatal…..

gambar yang keliru, tetapi paling populer
Menurut pendapat beberapa orang tentang Teori Evolusi…
    Alam Semesta terbentuk secara tidak sengaja atau yang sering disebut dengan Teori Big Bang. Menurut sebagian orang setelah ledakan besar ( Big Bang ) yang terjadi di luar angkasa maka terciptalah Bumi. Mahluk hidup yang pertama kali muncul di bumi adalah mikroorganisme bersel tunggal yang ada sekitar 4 milyar tahun yang lalu.
   Makhluk bersel satu adalah bentuk dominan kehidupan disaat itu. Mahluk sederhana ini kemudian berevolusi menjadi mahluk yang lebih kompleks. Seiring berjalannya waktu( berjuta2 tahun) mahluk ini berevolusi menjadi aneka macam binatang2 purba.
   Dari bermacam-macam binatang, ada yang akhirnya berevolusi menjadi kera. Dan dari kera berubah menjadi manusia saat ini.
   Lalu, bila saya melihat pertanyaan2 orang yang membantah evolusi inilah pertanyaan yang paling banyak ditanyakan ( dan yang paling lucu ) kalau benar Teori Evolusi ada, dan monyet berubah menjadi manusia, terus kenapa monyet yang sekarang ada di bonbin tidak berubah jadi manusia juga ?
  Ada seorang penulis dari Turki yang sangat menentang Teori Evolusi dan kayaknya sangat membenci sang penulis ( Darwin ). Dan tulisannya tentang Runtuhnya Teori Evolusi dalam 20 pertanyaan sangat fenomenal dan banyak dijadikan kiblat oleh orang2 untuk menjatuhkan Teori Evolusi.
  Sebelum kita menilai sesuatu sebaiknya kita pelajari dulu secara singkat apa itu Teori Evolusi.
Charles Robert Darwin
  
   Charles Robert Darwin (1809 – 1882) adalah seorang peneliti dan naturalis Inggris yang teori revolusionernya meletakkan landasan bagi teori evolusi modern dan prinsip garis keturunan yang sama (common descent) dengan mengajukan seleksi alam sebagai mekanismenya. Teori ini kini dianggap sebagai komponen integral dari biologi (ilmu hayat).
   Pada dasarnya Teori Evolusi yang di kemukakan oleh Darwin adalah teori yang membahas asal keanekaragaman makhluk hidup (origin of species).
   Evolusi secara sederhana didefinisikan sebagai proses perubahan pada suatu bentuk kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam jangka waktu yang sangat lama dan biologi evolusioner mempelajari bagaimana evolusi ini terjadi.
   Pd  24 November 1859 Darwin menerbitkan bukunya On The Origin Of Species , Darwin sempat menunda penerbitan bukunya selama 20 tahun selain karena memikirkan reaksi resistensi dari kalangan sains dan agama, juga demi mematangkan teorinya. Alfred Russel Wallace ( 1823 – 1913 ) juga memiliki pandangan yang mirip dengan Darwin.
   Inti dari teori Darwin adalah:
   1. Spesies pada dasarnya memiliki fertilitas yang sangat tinggi. Jumlah keturunan yang dilahirkan lebih banyak dari keturunan yang bisa mencapai usia dewasa.
   2. Populasi kira-kira tetap berjumlah sama, dengan sedikit perubahan.
   3. Sumber makanan adalah terbatas, tetapi relatif stabil dalam jangka waktu lama.
   4. Oleh karena itu terjadi perjuangan secara implisit untuk bertahan hidup
   5. Pada spesies yang melakukan reproduksi secara seksual, biasanya tidak ada dua individu yang identik.
   6. Beberapa variasi dalam spesies secara langsung mempengaruhi kemampuan individu untuk bertahan dalam kondisi alam tertentu.
   7. Sebagian besar dari variasi ini bersifat turunan.
   8. Individu yang kurang sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya memiliki kemungkinan bertahan hidup yang yang lebih kecil dan kemungkinan akan lebih banyak melakukan reproduksi.
   9. Individu yang selamat kemungkinan besar akan menurunkan ciri-ciri yang dimilikinya kepada generasi berikutnya.
  10. Proses yang menyebabkan perubahan ini menghasilkan populasi yang perlahan-lahan bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan pada akhirnya, setelah berlangsung secara terus-menerus akan terbentuk keragaman yang baru, dan akhirnya spesies baru.
Pohon evolusi yang menunjukkan divergensi spesies-spesies modern dari nenek moyang bersama yang berada di tengah
   Pembuktikan kebenaran Teori Evolusi didukung oleh berbagai cabang ilmu lain, termasuk paleontologi, biokimia, genetika dan biologi molekuler. Teori evolusi sama dengan teori-teori ilmiah lainnya, dikembangkan dan diuji dengan metode ilmiah. Teori evolusi adalah satu-satunya teori ilmiah yang bisa menjelaskan asal mula keanekaragaman makhluk hidup. Tidak ada cabang sains manapun sejauh ini yang menentang teori evolusi!

   Intinya adalah Teori Evolusi diakui sebagai Teori Ilmiah dan Fakta oleh dunia Sains.
» Teori ilmiah merupakan sebuah kumpulan pernyataan yang saling berhubungan dan didukung dengan baik, yang menjelaskan berbagai pengamatan dan dapat digunakan untuk membuat prediksi yang dapat diuji.
» Fakta merupakan data-data eksperimen dan pengamatan objektif yang dapat diverifikasi.

   Dalam ilmu pengetahuan, teori terkini (mutakhir) merupakan teori yang tidak memiliki teori alternatif lain yang lebih dapat diterima, serta merupakan teori yang telah lulus usaha falsifikasi. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat pengamatan yang berkontradiksi dengan teori tersebut sampai saat ini. Pembuatan teori baru yang menggantikan teori terkini diperlukan apabila sebuah pengamatan baru berkontradiksi dengan teori terkini.

   Itu adalah gambaran singkat tentang Teori Evolusi secara sederhana.

   Sebelum membuat tulisan ini saya juga sudah survey ke beberapa orang dengan menanyakan yang dimaksud Teori Evolusi apa sih ?  Jawaban terbanyak adalah ohh…yang manusia katanya dari monyet itu yah!  Yang lain ada yang bilang perubahan, yang lebih ngaco jawab perputaran dan yang paling parah malah jawab tidak tahu. ( hahahhaa ). Yang mendekati hanya sedikit orang saja yang menjawab keaneka ragaman makhluk hidup. Ini adalah survey yang saya lakukan sendiri dari beberapa orang saja.
 
   Dulu sewaktu saya belajar tentang Teori Evolusi di pelajaran Biologi SMP saya pun mempunyai pandangan yang sama dengan banyak orang yang sudah saya ceritakan pertama kali diatas. Saat guru kita menerangkan banyak sekali tentang perubahan gen sampai perubahan fisik, tapi kok kenapa yang tertangkap oleh otak kita adalah monyet menjadi manusia (Padahal teori yang dijabarkan sangat banyak) sepertinya inilah yang menjadi pola pikir banyak orang saat ini. Saya tidak tahu apakah penerangan dari gurunya yang salah atau sistemnya yang salah atau ada sebab lain yang salah, saya juga tidak tahu persis kenapa kok yang kita rekam jelas sampai saat ini adalah monyet menjadi manusia.
 
   Sebelum menulis pun saya sudah membuka-buka blog yang membahas Teori Evolusi, dari yang Pro dan yang Kontra. Dari mencari2 asal usul penciptaan Teori Evolusi dan membaca sebagian isi dari bukunya Darwin, Origin Of Species. Sampai melihat perdebatan sengit di forum-forum. Dan akhirnya saya melihat tulisan-tulisan Evolusionis yang menjabarkan Teori Evolusi. Sampai akhirnya saya memahami sedikit tentang Teori ini. Orang bijak berkata, Kalau anda ingin belajar tentang sesuatu, belajarlah dari orang yang benar-benar menguasainya.
Origin of Species edisi tahun 1859

   Dari Blogging selama beberapa hari, ini adalah beberapa yang bisa saya simpulkan…

» Pada dasarnya Teori Evolusi adalah Teori yang membahas asal keanekaragaman makhluk hidup (origin of species). Bukan darimana makhluk hidup berasal apalagi tentang penciptaan alam semesta. Bila ada orang yang menyatakan Teori Evolusi mengatakan Bumi tercipta oleh Big Bang dan asal makhluk hidup adalah kebetulan itu adalah bohong besar. Teori Evolusi Darwin di buku On The Origin Of Species tidak ada pernyataan seperti itu.

» Makhluk hidup di masa lalu memiliki karakteristik yang berbeda dengan makhluk di masa kini. Tentu saja ada beberapa makhluk yang relatif tidak berubah dalam jangka waktu amat panjang, namun itu sama sekali tak membantah Teori Evolusi.

» Teori Evolusi adalah satu-satunya teori ilmiah yang bisa menjelaskan asal mula keanekaragaman makhluk hidup, hingga saat ini. Dan belum ada teori lain sebagai alternatifnya.

» Tidak ada satu kata pun di dalam buku Origin Of Species yang mengatakan monyet berubah menjadi manusia.

» Seleksi alam adalah bagian dari mekanisme evolusi. Seleksi alam menyeleksi apakah variasi2 yang baru bisa survive atau tidak. contohnya :singa, sebagai predator mereka diseleksi dalam hal kemampuan memburu mangsa. Mereka yang kemampuannya rendah akan gagal survive, dan yang kemampuannya lebih hebat dalam memburu mangsa akan survive dan bisa meneruskan sifat-sifatnya pada generasi berikut. Demikian terus terjadi dalam rentang waktu panjang, dan itulah yang membentuk singa menjadi predator alami.
   Seleksi alam masih terus berlangsung, manusialah yang harus beradaptasi pada bumi, bukan bumi beradaptasi untuk manusia
singa sebagai predator alami

» Dengan kemajuan teknologi manusia dibidang genetika maka Teori Evolusinya Darwin dikembangkan lebih lanjut dan saat ini menjadi Evolusi Modern.

» Kita sebagai manusia tidak memiliki waktu hidup yang cukup panjang untuk mengamati jalannya proses evolusi terjadi secara alami, tetapi keberadaan evolusi sebagai ilmu (bukan lagi suatu teori) diakui dengan adanya bukti-bukti seperti adanya fosil, kesamaan morfologi pada taksa-taksa di klasifikasi, studi embriologi, dan lainnya.

   Kembali ke pertanyaan awal apakah Charles Darwin bersalah karena mengemukakan Teori Evolusi ? Pasti tidak ada yang salah. Kalaupun Darwin tidak mengeluarkan teorinya saat itu, peneliti lain banyak yang sudah mengamati tentang Evolusi ini, dan pasti akan dikeluarkan juga teori tentang adanya Evolusi. Yang bikin saya bingung kenapa banyak sekali orang yang mencaci maki Darwin
karikatur evolusi
   Saya sendiri menganggap teori Darwin ini sama sekali tdk mengganggu eksistensi agama, apalagi Tuhan. Di dalam agama memang dinyatakan dengan tegas, bahwa segala sesuatu di dunia ini, baik yang terlihat atau pun tidak, adalah ciptaan Tuhan. Tetapi bagaimana prosesnya, kita tidak pernah tahu. Satu hal yang pasti, semuanya berjalan mengikuti hukum-hukum yang sudah ditetapkan Tuhan bagi alam semesta ini. Kalau memang sudah dapat di verifikasi dan diterima secara luas sebagai bagian dari sains, maka bisa jadi Evolusi itu sendiri merupakan hukum alam yang sudah ditetapkan Tuhan.
   Kalau anda yakin tidak ada Evolusi, Tulislah sebuah JURNAL ILMIAH tentang pemikiran anda tentang keragaman makhluk hidup ( pastinya jangan yang sifatnya gaib ), kalau teori anda berhasil diterima oleh dunia sains maka Teori Evolusi tidak akan dipakai lagi, dan di ganti dengan Teori anda, pastinya nanti anda akan sangat terkenal karena meruntuhkan Teori Evolusi.

sumber,
http://www.harunyahya.com/indo/buku/pertanyaan001.htm
http://membantah-harunyahya.blogspot.com/2010/05/teori-evolusi-adalah-teori-ilmiah.html
http://darwin-online.org.uk/content/frameset?itemID=F373&viewtype=text&pageseq=1
http://id.wikipedia.org/wiki/Evolusi
http://id.wikipedia.org/wiki/Evolusi_sebagai_teori_dan_fakta
http://www.nationalgeographic.com/

4 komentar:

  1. wkwkwkwk
    teori evolusi itu hanya hipotesa manusia
    kita kan ngak tahu dari mana asal kita.......

    BalasHapus
  2. Pahami dulu evolusi sebelum membantah, biar tidak terjadi kesalahan yang itu-itu saja. Teori Evolusi adalah teori yang membahas asal keanekaragaman makhluk hidup (origin of species), bukan darimana makhluk hidup berasal.

    BalasHapus
  3. benar juga bro... masih banyak orang yang tidak paham tentang teori ini lantas langsung negatif thingking. makasih buat pelajaran dasar tentang evolusinya. Maju terus sains indonesia. Jgn takut untuk belajar. benar juga bro... masih banyak orang yang tidak paham tentang teori ini lantas langsung negatif thingking. makasih buat pelajaran dasar tentang evolusinya. Maju terus sains indonesia. Jgn takut untuk belajar.

    BalasHapus
  4. Yup, benar kata anda "maju terus sains Indonesia "

    BalasHapus

Copas dipersilahkan tetapi harus disertai sumber, dan isi komentar anda untuk evaluasi blog ini. Komentar yang bersifat S.A.R.A tidak saya perkenankan