Rabu, 08 Juni 2011

MAKHLUK CRYPTID ! NYATA ATAU SEKEDAR IMAJINASI ???

   Makhluk cryptid sering dikait2kan dengan mitos dan legenda. Sebenarnya apa sih makhluk cryptid itu ? Kata cryptid berasal dari bahasa Yunani "κρύπτω" (krypto) yang berarti sembunyi, jadi makhluk cryptid adalah hewan atau tumbuhan yang keberadaanya telah banyak dilihat oleh manusia tetapi masih tersembunyi dan belum diakui oleh sains modern, dan keberadaannya sering dianggap tidak mungkin. sebagian dari mereka memang nyata tetapi sebagian lagi hanyalah HOAX. saya akan mencoba menulis yang nyata, hoax dan yang salah persepsi..... 


   1. Makhluk cryptid yang sudah melegenda.
       Legenda adalah suatu cerita yang diceritakan secara turun temurun, dari banyaknya makhluk cryptid ada beberapa yang sudah melegenda dan sebagian orang percaya kalau makhluk ini nyata. ini adalah beberapa contoh hewan cryptid yang sudah melegenda :

       a. Naga 



                                                                                        gambar naga versi eropa dan cina

          Siapa yang tidak tahu dengan Naga ? Naga adalah makhluk paling terkenal didunia. Berbagai belahan dunia memiliki cerita tentang naga. Banyak penampakan sejarah yang dilaporkan tentang kemunculan naga. tetapi sampai saat ini belum ada satu pun naga sebagai seekor makhluk hidup yang berhasil ditangkap dan dipublikasikan. 
       b. Unicorn


                                                                                                   unicorn
           Dalam mitos Unicorn sering dikaitkan dengan tunggangan para dewa. unicorn sering digambarkan sebagai kuda putih yang bertanduk satu. Banyak sejarawan jaman dahulu sering menulis buku tentang kuda gagah ini. Salah satu contohnya adalah deskripsi yang ditulis oleh sejarawan romawi, Pliny the elder.
        c.Phoenix


                                                                                                     phoenix
           Burung api yang legendaris ini dikatakan memiliki hidup yang abadi. Gambaran tentang burung ini di tulis dalam bermacam-macam versi. ada yang menyebutkan burung ini memiliki warna merah ada yang menyebutkan warna keemasan ada pula yang menggambarkan memiliki bulu indah dengan warna bulu ekor berwarna-warni, yang lebih ekstrim lagi mengatakan burung ini memiliki bulu dengan pancaran api yang berkobar di sekujur tubuhnya. Sama seperti yang lainnya , belum ada seekor pun yang pernah ditangkap dan di publikasikan.


   2.Makhluk cryptid dengan dugaan salah persepsi.
      Yang dimaksud makhluk cryptid dengan dugaan salah persepsi itu seperti melihat suatu jenis binatang yang benar2 ada dan sudah exist tetapi dikait-kaitkan dengan makhluk cryptid, karena ketidak tahuan akan jenis binatang tersebut (aneh/langka). Ini adalah beberapa contoh makhluk cryptid dengan dugaan salah persepsi :
      a.Adjule


                                                                                             black backed jackal         
          Adjule sering disebut juga Kelb-el-khela. Dilaporkan banyak terlihat di sekitar gunung sahara oleh para pengembara di tahun 1928. Banyak para pengembara yang melihat dan menceritakannya ke kota terdekat. mereka mengatakan mirip seekor anjing, beberapa bulan kemudian ada pengembara lainnya melihat dan menceritakannya di kota yang sama, tetapi penyampaiannya yang berbeda, mereka mengatakan mirip seekor serigala dengan taring yang tajam. muncullah mitos di kota dan segera menyebar dengan begitu cepat. yang mengatakan hantu yang terkadang berwujud anjing kadang serigala dengan taringnya yang menakutkan. Tetapi akhirnya para peneliti berhasil mengidentifikasikan makhluk ini sebagai Anjing liar afrika yang terisolasi dan keberadaannya hampir punah.
      b.Canvey Island Monster


                                                                                      ilustrasi canvey island monster

         Berawal dari terdamparnya bangkai makhluk yang belum pernah terlihat sebelumnya di canvey island , Inggris , pada bulan november 1954.Bangkai tersebut digambarkan memiliki panjang 76 cm, kulit tebal berwarna coklat kemerahan, mata besar dan melotot, dan memiliki insang.makhluk ini digambarkan pula memiliki kaki belakang dengan kaki berbentuk tapal kuda dengan lengkungan cekung. setelah dilakukan penelitian sesaat, bangkai tersebut dibakar oleh ahli binatang yang memeriksanya, agar tidak menimbulkan bahaya bagi para penduduk. penemuan ini menimbulkan banyak spekulasi, ada yang mengaitkannya dengan makhluk cryptid dibumbui cerita2 aneh lainnya. Akhirnya pada tahun 1999 seorang wartawan bernama Nicholas Warren melakukan penyelidikan dan mengidentifikasi makhluk ini sebagai seekor Anglerfish. 
       Kepastian ini didukung oleh Alwyne Wheeler, mantan ahli ikan untuk Departemen Zoologi di Natural History Museum British, yang mengemukakan bahwa makhluk itu adalah anglerfish. yang digambarkan sebagai kaki belakang sebenarnya adalah sirip yang telah salah teridentifikasi.
    c.Elmendorf Beast


                                                                                 makhluk yang ditembak mati di texas

        Elmendorf Beast adalah nama yang diberikan kepada makhluk yang diduga melakukan serangan2 terhadap ternak penduduk di Elmendorf, Texas. berbagai spekulasi telah berkembang secara luas tentang penggambaran makhluk tersebut, dari dugaan bahwa makhluk tersebut adalah serigala sampai diduga makhluk tersebut adalah Chupacabra yang terkenal.
       Pemburuan dilakukan untuk menangkap makhluk yang sudah meresahkan warga tersebut. akhirnya titik terang didapatkan pada bulan agustus 2004, makhluk yang disebut Elmendorf Beast telah ditembak mati oleh peternak lokal Devin Mcanally. Para ahli di kebun binatang San Antonio tidak dapat memastikan jenis binatang tersebut. akhirnya penelitian dilanjutkan dengan tes DNA di University of California dan telah berhasil mengidentifikasi makhluk tersebut yang ternyata adalah seekor coyote yang menderita sakit kudis parah.


     3.Makhluk cryptid yang ternyata hanya HOAX.
        Terkadang ada juga makhluk cryptid yang dibuat2 sendiri oleh seseorang entah itu disebarkan melalui mulut ke mulut media massa atau internet, dengan tujuan untuk mencari keuntungan atau kehebohan agar seseorang bisa menjadi terkenal. ini adalah beberapa contoh makhluk cryptid yang ternyata adalah HOAX ,


       a.Hodag


                                                                                       gambar di surat kabar th 1983
          Tahun 1983 surat kabar penuh dengan pemberitaan mengenai makhluk aneh yang tertangkap di Rhinelander, Wisconsin. makhluk yang tertangkap itu di beri nama Hodag.  Sekelompok kecil ilmuwan dari Smithsonian Institution di Washington, DC melakukan perjalanan ke Rhinelander untuk memeriksa kebenaran berita tersebut, yang akhirnya diketahui bahwa cerita tersebut bohong. Direkayasa oleh orang iseng Eugene Shepard.
       b.Skvader


                                                             ilustrasi gambar skvander dan peringatan buat para pengemudi saat ini
          Sebenarnya Skvader adalah seekor makhluk fiksi dari swedia, yang diciptakan oleh Rudolf Granberg tahun 1918.memiliki ciri seperti seekor kelinci tetapi memiliki sayap dan ekor seperti seekor burung. Dari dongeng2 yang diceritakan sampai pada akhirnya ada sebagian orang yang percaya kalau Skvader benar2 ada. Akhirnya Skvader menjadi simbol tidak resmi Sundsvall ( kota yang terletak di Swedia bagian timur ).

      c.Ya-Te-Veo ( Man-eating tree )



Ilustrasi

        Pohon pemakan manusia ini sebenarnya hanya khayalan manusia saja yang terinspirasi dari tanaman karnivora. Ya karnivora (pemakan daging ).tetapi daging yang disebutkan disini adalah daging dari tubuh serangga2 kecil. Dengan imajinasi orang2, pohon kecil yang awalnya memakan serangga2 kecil berubah menjadi Makhluk cryptid yang memangsa hewan2 besar atau manusia. Hoax pertama dilaporkan dari laporan yang ditulis oleh penjelajah Jerman "Carl Liche"pada tahun 1881 yang ditangkap oleh suku "Mkodo"di madagaskar dan ingin dikorbankan ke pohon pemakan manusia tsb. belakangan diketahui bahwa Carl Liche , suku Mkodo , dan pohon pemakan manusia tsb adalah hoax.

    4.Makhluk cryptid yang keberadaannya sudah diakui dunia sains modern.
       Inilah dia makhluk cryptid yang sudah ada dan sudah diakui oleh sains modern. awalnya mereka hanya mitos yang kemunculannya banyak diceritakan tetapi tidak terlihat. tetapi mereka ada dan benar2 nyata sebagai makhluk hidup. ini adalah beberapa contoh makhluk yang dulunya cryptid tersebut :
       a.Komodo Dragon


                                                                                                           komodo
          Tahun 1910 adalah pertama kalinya ada laporan tentang penampakan makhluk ini. dengan rumor yang mengatakan penampakan kadal raksasa, buaya yang tinggal didarat, bertaring besar dan dibumbui cerita2 yang tidak jelas lainnya, membuat banyak orang berspekulsi itu adalah hoax. kemudian pada tahun 1926 diadakanlah perjalanan ekspedisi dari museum sejarah alam amerika mencari kebenarannya. saat team ekspedisi yang di pimpin oleh W. Douglas Burden kembali dengan 12 spesies yang diawetkan dan 2 dalam  keadaan hidup, saat itulah dunia mengenal Komodo. ( film king-kong yang menceritakan terdamparnya orang di suatu pulau dan bertemu makhluk2 zaman prasejarah terinspirasi dari ekspedisi ini).
       b.Platypus


                                                                                                     platypus
          Wajar saja kalau makhluk ini dianggap tipuan,dengan kombinasi yang aneh makhluk ini pernah dianggap hoax. ketika penjelajah alam eropa pertama kali bertemu makhluk ini mereka dibuat bingung bagaimana menggambarkannya. mereka menggambarkan sebagai mamalia berbisa, bertelur, berparuh bebek, mirip berang-berang, kaki berselaput dan dapat berenang. Ketika dibuat sketsa tahun 1798 tentang makhluk ini, banyak ilmuwan inggris terkenal yang menganggapnya sebagai tipuan. Bahkan saat adanya bukti bangkai makhluk ini tetap saja para ahli menduga itu adalah tipuan dari berbagai macam jenis hewan yang dijahit dengan menggabungkan bagian2 tubuhnya. saat ini makhluk aneh dan menarik ini sudah dikenal dunia dengan nama Platypus.
       c.Kanguru


                                                                                  kanguru sedang menggendong anaknya
          Saat orang eropa melakukan penjelajahan di australia, mereka melihat ada binatang aneh yang tidak pernah mereka saksikan sebelumnya.Mereka mendeskripsikan makhluk tersebut memiliki kepala seperti rusa, dapat berdiri seperti manusia, melompat seperti katak,mempunyai dua kepala, satu dibahu, satu lagi diperut. kontan saja pernyataan itu dianggap bohong, dan dianggap sebagai lelucon. tetapi keadaan berubah pada th 1770an ketika kapten James Cook memamerkan bangkai dari makhluk aneh tersebut di Inggris. saat ini kanguru sudah dikenal oleh masyarakat dunia, dan menjadi ikon negara Australia.


           Di atas hanyalah beberapa contoh dari sekian banyak makhluk Cryptid, dari yang belum dikonfirmasi sampai yang sudah diakui dunia sains. Kembali ke pertanyaan diatas, sebenarnya makhluk Cryptid itu nyata atau hanya sekedar imajinasi orang2 atau kemungkinan salah persepsi karena di ceritakan dari mulut-ke mulut dan  di tambah bumbu2 mistis ? semua orang pasti memiliki jawaban sendiri-sendiri dan pastinya berbeda-beda...


salam.


sumber,
http://en.wikipedia.org
http://xfile-enigma.blogspot.com
http://listverse.com
http://www.squidoo.com
http://www.myspace.com/the_cryptozoologist
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copas dipersilahkan tetapi harus disertai sumber, dan isi komentar anda untuk evaluasi blog ini. Komentar yang bersifat S.A.R.A tidak saya perkenankan