Kamis, 16 Juni 2011

Berlian Terindah Didunia

   Berlian(Diamond) salah satu perhiasan yang sekarang sudah banyak dipakai oleh orang di masa sekarang ini. Nama berlian berasal dari Yunani kuno (Adamas) yang berarti “Tak Terkalahkan / Tak Terpecahkan". Berlian mampu untuk membelah emas 24 karat menjadi 2 bagian… 

   Sekilas mengenai Berlian,

   Berlian berasal dari bagian terdalam gunung berapi yang juga mengandung atom dan karbon. Menurut penelitian, naiknya berlian kepermukaan bumi dikarenakan batu di dalam bumi yang mencair.
   Berlian berada bermil-mil di bagian bawah permukaan bumi, pada kerendahan 150 km (90 mil), pada tekanan kira-kira 5 giga pascal dengan temperatur sekitarnya 1200 derajat celcius (2200 derajat Fahrenheit).
   Berlian pertama kali dikenali dan ditambang di India. Tidak seperti emas dan perak, harga berlian tidak berpatokan pada beratnya saja(carat). Ada 5 faktor yang bisa menentukan harga berlian tersebut yang disingkat 5C.
   5C tsb adalah : carat (karat), clarity (kejernihan), color (warna), cut (potongan) dan certificate (sertifikat).
   *carat(karat) adalah ukuran berat berlian. satu carat setara dengan 200 mg.
   *clarity (kejernihan) sebuah berlian ditandai dengan kecemerlangannya dalam menangkap sekecil apapun cahaya dan memantulkannya kembali.
   *color (warna) berlian yang tergolong sempurna adalah berlian yang hadir dengan tanpa warna. Berlian yang termasuk “fancy colored” atau warna terang adalah berlian langka.
   *cut (potongan) keakuratan dan kerapian potongan berlian mempengaruhi kualitas pantulan sinar yang masuk melaluinya. Umumnya ada empat jenis potongan berlian yang umum; yakni oval, cushion, pear, hati, emerald dan baguette. Namun bukan jenis-jenis bentuk potongan ini yang menentukan harga berlian.
   *certificate (sertifikat) adalah elemen terkini yang mengubah konsep penilaian kualitas berlian sebelumnya.

   Contoh Berlian-berlian terindah dan termahal didunia.

   Dibawah ini adalah beberapa contoh dari berlian2 terindah dan termahal didunia. Pastinya berlian2 ini menduduki posisi atas dalam penilaian.

   1.Allnatt Diamond.

                                              Perkiraan harga 3 juta us dollar (± rp 30M)
  
   The Allnatt Diamond adalah berlian berukuran 101,29 karat (20,258 g) dengan potongan bantal, dikategorikan berwarna Kuning Fancy Vivid oleh Gemological Institute of America. Berlian ini diberi nama seperti nama pemilik pertamanya, Mayor Ernest Alfred Allnatt. Kemungkinan berasal dari De Beers Premier Diamond Mine, Afrika Selatan. Pemilik saat ini, SIBA Corp.

   2. Moussaieff Red Diamond.

                                             Perkiraan harga 7 juta us dollar (± rp 70M)

   The Moussaieff Red Diamond (sebelumnya dikenal sebagai Red Diamond Shield) adalah berlian berukuran 5,11 karat (1,022 g) dengan potongan segitiga, dikategorikan berwarna Fancy Red oleh Gemological Institute of Amerika. Red Moussaieff ditemukan oleh seorang petani Brasil di sungai Abaetezinho pada tahun 1990, di daerah yang dikenal sebagai Paranaiba Alto yang memiliki reputasi sebagai sumber berlian berukuran besar dan berwarna mewah. Pemilik saat ini Moussaieff Jewellers Ltd.

   3. Heart of Eternity.

                                            Perkiraan harga 16 juta us dollar (± rp 160M)

   The Heart of Eternity adalah berlian berukuran 27,64 karat (5,528 g), dikategorikan berwarna  "Biru Vivid Fancy" oleh Gemological Institute of America. The Heart of Eternity dipotong oleh Grup Steinmetz.
The Heart of Eternity jenis yang sangat langka dari berlian berwarna. ditemukan di Premier Diamond Mine, Afrika Selatan. Pemilik saat ini, Sayyid Qadri.

   4. Wittelsbach-Graff Diamond.

                                           Perkiraan harga 16,4 juta us dollar (± rp 164 M)
  
   Wittelsbach-Graff Diamond adalah Berlian berukuran 31,06 karat (6.21 g), berwarna biru dengan kejernihan yang sempurna. Dipotong berbentuk bintang oval. Berlian ini berasal dari tambang bekas kerajaan Golkonda, India. Pemilik saat ini, Lawrence Graff.

   5. Steinmetz Pink Diamond.
                                            Perkiraan harga 25 juta us dollar (± rp 250 M)

   Steinmetz Pink adalah berlian berukuran 59,60 karat (11,92 g), dikategorikan berwarna Vivid Pink Fancy oleh Gemological Institute of America. Steinmetz Pink adalah berlian terbesar yang diketahui dari jenis Vivid Pink. Akibat dari kelangkaannya yang luar biasa, Steinmetz Group sangat hati-hati untuk memotong, dibutuh kan waktu 20 bulan untuk memotong berlian ini. Tidak jelas dari mana berlian ini berasal, saat ini berlian tsb dimiliki oleh Steinmetz Group.

   6. Centenary Diamond.
                                              Perkiraan harga 100 juta us dollar (± rp 1 T)
   Centenary Diamond adalah berlian berukuran 273,85 karat (54,77 g), berlian terbesar ketiga yg telah diproduksi di Tambang Premier, Africa Selatan. Centenary Diamond dikategorikan berwarna kelas D oleh Gemological Institute of America, yang merupakan jenis tertinggi dari berlian tak berwarna. Pemilik pertamanya adalah De Beers, pemilik saat ini tidak diketahui.

   7. Hope Diamond.
                                             Perkiraan harga 250 juta us dollar (± rp 2,5 T)

   Hope Diamond (sebelumnya bernama "Le bleu de France") berukuran 45,52 karat (9,10 g) , berada di Museum Sejarah Alam Smithsonian di Washington, DC. Hope Diamond terlihat berwarna biru bila melihat dgn mata telanjang, tetapi akan berpedar merah bila terkena sinar ultraviolet. diklasifikasikan sebagai Tipe IIb berlian, dan diduga terkena kutuk. Kabarnya Diamond Hope itu dicuri dari mata patung dewi Sita, istri Rama.

   8. Cullinan Diamond.
                                               Perkiraan harga 400 juta us dollar (± 4 T)

   Cullinan Diamond adalah Berlian mentah berkualitas terbesar yang pernah ditemukan di Premiere Mine, sebesar 3106,75 karat(621,35 g). Dipotong menjadi 105 berlian, termasuk Cullinan 1 (530,2 karat/106,4 g) dan Cullinan 2 (317,4 karat/63,48 g). Keduanya sekarang bagian dari Permata Mahkota Kerajaan Inggris.

    9. Koh-i-Noor.
                  Harga kemungkinan tak ternilai. (bagian dari Permata Mahkota Kerajaan Inggris).

   Koh-i-Noor yang berarti "Gunung Cahaya" dalam bahasa Persia, adalah berlian berukuran 105 karat (21,6 g). Berlian ini berasal dari Guntur wilayah kerajaan Hindu Kakatiya, sekarang negara bagian Andhra Pradesh, salah satu daerah paling pertama di dunia yg memproduksi berlian. Didefinisikan berwarna putih, tingkat cemerlang dan transparant terbaik yg pernah ada. Sangat langka dan banyak dicari. Berasal dari india dan dipercaya milik dari Jambavantha dan di rebut oleh dewa khrisna.

   10. Sancy Diamond.
                                                    Harga kemungkinan tak ternilai.

   Sancy Diamond, berwarna kuning pucat berukuran 55,23 karat (11,05 g). Berlian ini diyakini berasal dari India. Saat ini Sanchy Diamond berada di Museum The Louvre, Paris.


   Diatas adalah beberapa contoh berlian kelas dunia yg amat langka, dan harganya sangat wahh…  orang kaya sekalipun kyknya mikir 2 kali kalo mau beli berlian diatas, kecuali kalau orang kaya + kolektor pencinta berlian, pasti akan memburu berlian2 indah tsb.


Salam


Sumber,
http://en.wikipedia.org
http://archive.kaskus.us/thread/2769975
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=14402.0
http://www.batumuliaberlianpermata.com/2011/01/31/berlian-diamond/

1 komentar:

  1. ini salah satu blog yang sangat berguna bagi pecinta batu akik. dimana tak hanya wanita saja suka dengan berlian tetapi kaum Adam pun suka dengan batu pualam yang sangat indah dilihat dari warna, pencahayaan yang ditimbulkan dari potongan atau asahan yang pembuatnya.
    sebutan harga takkan terterbayar dari sebuah kepuasan hati yang ingin memilikinya.
    "Heart of Eternity " jenis yang saya suka. seperti pernah dipublikasikan / ditampilkan dalam film "tytanic "

    BalasHapus

Copas dipersilahkan tetapi harus disertai sumber, dan isi komentar anda untuk evaluasi blog ini. Komentar yang bersifat S.A.R.A tidak saya perkenankan